Beranda » Dua Fosil Afrika Tunjukkan Evolusi Manusia Pertama

Dua Fosil Afrika Tunjukkan Evolusi Manusia Pertama

Dua Fosil Afrika Tunjukkan Evolusi Manusia Pertama

Lee Berger/University of Witwatersrand



Sepasang fosil yang ditemukan para ilmuwan dari sebuah gua di Johannesburg, Afrika Selatan, telah diteliti. Fosil perempuan dewasa serta remaja ini bisa jadi transisi atau peralihan dari primata ke manusia (jenis Homo) pertama yang muncul kira-kira dua juta tahun lalu.

Kedua fosil berkaitan dengan fosil yang ditemukan pada tahun 1970 di Etiopia, yakni spesies Australopithecus sediba yang terkenal dengan nama "Lucy". Lucy diperkirakan telah ada sejak 3,2 juta tahun yang lalu.

"Kami meyakini bahwa Lucy mengalami evolusi menjadi manusia awal. Dan fosil ini mungkin adalah spesies yang hidup di masa transisi dari primata ke nenek moyang manusia," ucap ahli antropologi Profesor Lee Berger dari University of Witwatersrand, Afrika Selatan.

Kata Berger, mereka mengarah pada keyakinan itu karena melihat ciri-ciri fosil yang layaknya suatu mosaik, gabungan antara ciri Lucy dengan manusia. Ada kemiripan pada anatomi seperti otak kecil, dan tangan yang masih bisa digunakan memanjat pohon sekaligus menggenggam dengan kuat.

"Genggaman erat itu untuk membuat peralatan (senjata)," sambung Tracy Kivell, ahli paleoantropologi di Max Planck Institute yang juga bagian dari tim peneliti bersama Berger.