Beranda » Planet Paling Gelap

Planet Paling Gelap

Headline
Pesawat Kepler mendeteksi bahwa planet ini adalah yang tergelap. Terletak di luar tata surya.

Ahli astronomi menyatakan planet ini adalah planet tergelap. Planet yang berada di luar sistem tata surya ini bernama TrES-2b. Di sana sangat gelap, karena jumlah cahayanya kurang dari satu persen.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Monthly Notices terbitan Royal Astronomical Society ini, diperoleh setelah menganalisis data dari pesawat luar angkasa Kepler milik NASA. Pesawat itu dapat mencatat dan mengukur terang-gelap benda langit dengan ketelitian tinggi, bahkan bintang yang sangat jauh sekalipun.

Seperti dikutip dari Daily Mail, David Kipping dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA) mengatakan, "TrES-2b tidak memantulkan cahaya, bahkan lebih gelap dibandingkan cat akrilik warna hitam.”

Walaupun demikian, suhunya yang sangat panas membuatnya tampak sedikit menyala kemerahan.

TrES-2b, adalah planet seukuran Jupiter, yang jaraknya sekitar 750 tahun cahaya dan ditemukan pada 2006. Planet ini berbeda dengan planet lain, karena suhunya yang sangat panas, yakni mencapai 1.000 derajat Celcius.

Suhu itu disebabkan karena posisinya yang sangat dekat dengan bintang yang jadi pusat orbitnya, yakni GSC 03549-02811. Suhu yang sangat panas itu membuatnya tidak berselubung awan amonia, yang dapat memancarkan cahaya.