Beranda » Fosil Monster Ganas Pliosaurus (Video)

Fosil Monster Ganas Pliosaurus (Video)

alt



Tengkorak plisaurus sepanjang 2,4 meter yang telah berusia 155 juta tahun telah diperlihatkan untuk umum oleh peneliti David Attenborough di Museum Kota Dorset Inggris.






Pliosaurus merupakan predator laut ganas yang memiliki tungkai mirip dayung dan rahang panjang bergigi tajam. Predator ganas ini menjelajahi samudera selama Jaman Jurassic dan Cretaceous, hidup dari memangsa ikan serta reptil laut lainnya.




“Kini, kami katakan bahwa tengkorak ini telah rampung 95 persen, dan kemungkinan menjadi salah satu yang terbesar dan paling lengkap yang pernah ditemukan di manapun di dunia,” ujar Richard Edmonds dari Dewan Kota Dorset, seperti dikutip BBC News.



Fosil ini ditemukan di sebuah tebing dalam beberapa tahun oleh Kevan Sheehan, seorang kolektor lokal yang terus berkarya untuk mendapatkan bagian-bagian lainnya.



“Itu merupakan keuntungan belaka—Saat saya duduk-duduk di pantai, saya melihat tiga potong bagiannya,” ujar Sheehan kepada BBC. “Saya tidak dapat menebak dari jenis apa potongan fosil tersebut, namun saya akhirnya memutuskan untuk meneruskan pencariannya kembali.”




Sejumlah ahli memperkirakan, hewan itu kemungkinan berukuran 18 meter dari ekor hingga mulut--berdasarkan ukuran tengkorak.



Rongga mata besar yang berada di atas kepalanya, berguna sebagai visi binokuler (teropong ganda). Rahang kuat serta gigi tajam sangat menyulitkan dan seringkali berakibat fatal bagi mangsanya.



“Ini adalah salah satu ikon spesimen paling menarik yang telah kami lihat dalam beberapa tahun,” ujar paleontolog Richard Forrest, menurut BBC.



“Hewan ini kemungkinan merupakan predator paling menakutkan yang pernah ada,” imbuhnya. “Membayangkan predator ini, membuat saya menjadi merinding.