Beranda » Tata Rambut Masa Mesir Kuno Sudah Pakai Gel

Tata Rambut Masa Mesir Kuno Sudah Pakai Gel

sebuah tim peneliti meneliti 18 mumi. Mereka menemukan para mumi menggunakan gel rambut.


Mumi Mesir (AP Photo/Supreme Council of Antiquities)

Gel rambut ternyata tak hanya digunakan oleh manusia modern. Dari penelitian para ilmuan Universitas Manchester, gel rambut ternyata telah digunakan oleh masyarakat Mesir kuno.

Tim peneliti mempelajari rambut dari 18 mumi di Mesir yang hidup sekitar 3.500 hingga 2.500 tahun yang lalu. Terdiri dari mumi laki-laki dan perempuan dengan usia antara 4 hingga 38 tahun.

Sampel mumi ini tidak diambil dari piramida. Sebanyak 15 mumi berasal dari kuburan yang berada di padang pasir dan tiga lainnya dari mumi uyang diambil dari museum.

Untuk mengetahui jenis gel yang digunakan itu, para peneliti menggunakan kromatografi gas untuk menarik bagian molekul. Ternyata, gel itu terdiri dari asam lemak yang mengandung palmitic (komponen penyusun pohon palem) dan stearic (bahan yang ditemukan dalam lemak binatang).

Tim peneliti itu mengatakan gel rambut itu digunakan untuk mengatur rambut sesuai dengan keinginan masing-masing. Mumi yangdijadikan sampel itu tidak diawetkan manusia atau mendapatkan perawatan saat meninggal.

Mumi-mumi yang dijadikan sampel itu mengering dengan sendirinya karena panasnya padang pasir. Sehingga, para peneliti mengasumsikan gel tambut itu juga dipakai manusia yang hidup saat itu.